RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK
Nama sekolah :
MI Miftakul Ulum Babadan
Tema :
Tata Tertib
Kelas/Semester
: III/I
Alokasi waktu :
1X 45 menit
Pertemuan :
I X Pertemuan
Standar
Kompetensi
1.
Matematika : 1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
2.
Bahasa Indonesia : 2. Mengungkapkan pikiran, peasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau saran
3. Pkn : 2. Melaksanakan norma
yang berlaku di masyarakat
4.
Fiqih :
3. Mengenal tata cara shalat bagi orang yang sakit
Kompetensi Dasar
1. Matematika : 1.1 Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan
2. Bahasa
Indonesia : 2.2 Menjelaskan urutan
membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtun dan mudah dipahami
3. Pkn : 2.1 Mengenal aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan
Masyarakat sekitar
4. Fiqih : 3.1 Menjelaskan tata
cara shalat bagi orang sakit
Indikator
1. Matematika : 1.1 Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan
2. Bahasa
Indonesia : 2.2 Menjelaskan urutan
membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtun dan mudah
dipahami
3. Pkn : 2.1 Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
Masyarakat sekitar
4. Fiqih : 3.1 Menjeleskan tata
cara shalat bagi orang sakit
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mentukan letak bilangan pada baris bilangan
2. Siswa
dapat menjelaskan secara lisan urutan
membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtun dan mudah dipahami
3. Siswa
dapat menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
4. Siswa
dapat menjelaskan tata cara shalat bagi orang sakit
II.
Materi
Pokok
1. Matematika : Letak bilangan pada garis bilangan
2. Bahasa
Indonesia : Menjelaskan urutan melakukan
sesuatu
3. Pkn : Aturan di lingkungan
masyarakat
4. Fiqih : Cara Salat bagi orang
yang sakit
III.
Metode/Srategi
Pembelajaran
Tanya
jawab, poster coment, Demontrasi, ceramah, reading aload, drill, dan penugasan.
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/ Alat/ Bahan
|
1 menit
|
·
Guru mengucapkan salam
|
Tanya
jawab
|
-
|
1 menit
|
·
Guru meminta ketua kelas
untuk memimpin do’a
|
-
|
-
|
1 menit
|
·
Absensi: guru menanyakan siswa
siapa yang tidak masuk.
|
Tanya jawab
|
-
|
2 menit
|
·
Apersepsi : Anak-anak sebelum kita melaksanakan shalat terlebih
dahulu kita melakukan apa atau pada waktu kita pergi ke bank. apa saja yang
harus kita lakukan pada saat di bank. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
Nah kali ini kita akan membahas tentang “Tata Tertib”
|
Tanya jawab
|
-
|
2. Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/Alat/ Bahan
|
5 menit
|
·
Guru menyampaikan materi, dengan
menempelkan gambar dipapan tulis.
|
Poster
comment
|
§ Hand
Out Materi
§ Papan
tulis
§ Kertas
plano
§ Solatif
§ Spidol
|
5 menit
|
·
Siswa diminta mengamati gambar
dan mendengarkan penjelasan guru
|
Ceramah
|
|
5 menit
|
·
Guru menunjuk salah satu siswa
untuk menjelaskan secara lisan urutan tata cara shlat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah di pahami.
|
Demontrasi
|
|
5 menit
|
·
Guru menjelaskan bahwa dalam
melakukan sesuatu itu harus sesuai dengan urutan atau aturan yang berlaku
dilingkungan masyarakat.
|
Ceramah
|
|
5 nenit
|
· Guru
menuliskan garis bilangan di papan tulis
secara urut dan guru membacakanya,
siswa diminta untuk menirukan.
|
Reading aload
|
|
3 menit
|
·
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan materi yang belum paham.
|
Tanya jawab
|
|
3 menit
|
·
Guru merefleksikan materi yang telah dipelajari.
|
Ceramah
|
3. Kegiatan Akhir
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/Metode
|
Sumber/ Alat/ Bahan
|
5 menit
|
·
Guru memberikan evaluasi kepada
siswa.
|
Drill
|
Soal
evaluasi
|
1 menit
|
·
Guru memberikan tugas rumah hal
23-24
|
Penugasan
|
-
|
2
menit
|
·
Guru memberikan penguatan dan
motivasi sebelum meninggalkan kelas.
|
Ceramah
|
-
|
1 menit
|
·
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam.
|
-
|
-
|
V.
Penilaian
Ø Tehnik
penilaian : Tes tulis
Ø Instrumen penilaian : -Test pilihan ganda
-Uraian singkat
IV.
Sumber, Bahan dan Alat
Ø Hand
Out Materi Buku paket pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas 3
semester 1,Tahun 2006. Serta buku lain yang relavan.
Ø Kertas
plano
Ø Hand Out
Materi
Ø Papan
tulis dan spidol
Ø solatif
LAMPIRAN
Ø Hand
Out Materi
Ø Instumen
Penilaian (soal, kunci, pedomam pensekoran)
Ponorogo,
27 Juni 2012
Dosen Pembimbing
Kurnia Hidayati, M. Pd
NIP : 197103292008012007
|
Mahasiswa Praktikan
Wiwik Puspitasari
NIM : 210609055
|
Mengetahui,
MATERI
1.
Matematika
Menentukan Letak
Bilangan pada Garis Bilangan
a.
Membilang secara urut
Urutan
bilangan pada garis bilangan di atas menunjukkan makin ke kanan bilangannya
makin besar. Bilangan yang terletak di sebelah kanan lebih besar daripada
bilangan yang terletak di sebelah kiri.
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
b.
Mengurutkan dan Membandingkan Dua
Bilangan
Setelah
kamu belajar letak suatu bilangan pada garis bilangan, maka kamu dapat
membandingkan dua bilangan dengan bantuan garis bilangan.
Contoh
:
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
Pada
garis bilangan di atas, arah ke kanan menunjukkan bilangan yang makin besar.
a. 32
kurang dari 33 karena 32 terletak di sebelah kiri 33.
b. 35
lebih dari 34 karena bilangan 35 terletak di sebelah kanan 34.
c. 32
kurang dari 33; maka apat di tulis 32 < 33.
35 lebih dari 34; maka dapat ditulis 35
> 34.
< dibaca lebih kecil daripada,
artinya kurang dari.
> dibaca lebih besar daripada,
artinya lebih dari.
c. Menentukan
Sebuah Bilangan yang Terletak di antara Dua Bilangan
Ano,
Ato, dan Avo adalah anggota tim sepak takraw. Pada suatu pertandingan, Ano dan
Avo masing-masing memakai kaos dengan nomor punggung 54 dan 56. Ato mendapat
kaos dengan nomor punggung sebelum Avo dan sesudah Ano. Coba kamu cari,
berapakan nomor punggung Ato?
Untuk
menentukan sebuah bilangan di antara dua bilangan dapat menggunakan garis
bilangan.
Ayo
perhatikan gris bilangan berikut!
53
|
55
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
54
|
56
|
Bilangan
yang terletak di antara 54 dan 56 adalah
55.
Jadi,
nomor punggung Ato adalah 55.
d.
Mengurutkan Bilangan dan Menentukan
Letaknya ada Garis Bilangan
Contoh
:
39 42
40 45
43 41
|
Bilangan
di atas dapat diurutkan dan ditentukan poisinya pada garis bilangan seperti
berikut:
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
e.
Menaksir Bilangan yang Ditentukan
Letaknya pada Garis Bilangan
Ingatlah
kembali bilangan pada garis bilangan secara urut!
2
|
4
|
6
|
a
|
10
|
12
|
b
|
c
|
18
|
20
|
a.
Adalah bilangan 8
b.
Adalah bilangan 14
c.
Adalah bilangan 16
2.
Bahasa
Indonesia
Menjelaskan
Urutan Melakukan Sesuatu
Salah satu tempat umum adalah bank.
Pernahkah kamu pergi ke bank? Apa saja yang dapat kamu lakukan saat di bank?
Salah satu tujuan seseorang ke bank adalah menabung. Berikut ini adalah cara
menabung di bank.
a. Datangkah
ke kantor bank antara pukul 08.00 hingga 14.00.
b. Mintalah
nomor antre pada petugas.
c. Ambil
slip setoran yang sudah disediakan.
d.
311
310 309
312 308
|
e. Hitunglah
dahulu jumlah uang yang akan ditabung.
f. Serahkan
kepada petugas buku tabungan slip setoran yang telah diisi dan uang yang akan
ditabung.
g. Setalah
tugas di bank selesai memproses dan memberikan kembali buku tabunganmu, jngan
lupa untuk mengecek kebenaran saldo akhir tabunganmu.
h. Jika
telah selesai, ucapkan terima kasih dan mohon pamit untuk pulang.
Coba
kamu jelaskan cara melakukan sesuatu di tempat umum yang lain, misalnya cara
membeli obat dengan resep dokter di apotek, cara membeli tiket kereta api di
stasiun, atau cara belanja alat ulis di took buku! Pilihlah salah satu cara
tersebut dan sampaikan secara lisan di depan kelas cerara bergantian dengan
teman-temanmu!
3.
PKn
Aturan di
Lingkungan Masyarakat
Di masyarakat perlu dibuat peratura.
Peraturan dibuat untuk menciptakan. Ketertiban dan ketentraman dalam kehiduan
sehari-har. Terdapat berbagai jenis aturan yang ada di lingkungan masyarakat.
Aturan tersebut, di antaranya berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis.
a. Aturan
tertulis
Aturan tertulis berupa ketentuan tertulis yang telah
disepakati bersama untuk dilaksanakan. Aturan tertulis bersifat mengikat bagi
suatu masyarakat. Aturan tertulis biasanya ditempel di tempat-tempat umum yang
mudah dilihat oleh seluruh anggota masyarakat. Contohnya, aturan untuk melapor
kepada ketua RT setempat bagi orang yang bertamu lebih dari 24 jam.
Selain itu, aturan tertulis juga retcantum dalam suatu kitab
atau buku. Contohnya, kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) untuk mengadili
orang yang melakukan kejahatan. Semua aturan tertulis dibuat untuk membina
kerukunan antarwarga. Oleh karena itu, kita harus selalu mentaati semua aturan
yang berlaku I Negara Indonesia.
Bagi yang melanggar aturan tertulis akan diberikan sanksi
yang tegas. Sanksinya dapat berupa teguran, hukuman, kurungan, atau denda yang
diproses oleh pengadilan. Pengadilan adalah tempat untuk memutuskan seseorang
bersalah atau tidak.
b. Aturan
Tidak Tertulis
Aturan tidak tertulis berupa ketentuan yang telah disepakati bersama
untuk dilaksanakan. Aturan tidak tertulis merupakan aturan bersifat kebiasaan
yang berlaku di lingkungan suatu masyarakat. Walaupun tidak tertulis, aturan
tersebut harus tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Bagi yang
mekanggar aturan tidak tertulis akan mendapat sanksi juga. Sanksinya bisa
ditentukan oleh masyarakat. Contohnya, aturan untuk selalu menjaga kebersihan
lingkungan dan melakukan kegiatan siskamling (ronda malam) secara bergantian.
Aturan yang tardapat disuatu wilayah dibuat untuk mengatur tata
tertib kehidupan warganya. Aturan biasanya mencantumkan kewajiban dan hak
setiap warga.
Setiap warga memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan, di antaranya:
1. Menjaga
keamanan,
2. Manjaga
karukunan, dan
3. Menjaga
kenyamanan lingkungan.
Adapun
hak yang dapat diperoleh warga, di antaranya:
1.
Memperoleh keamanan,
2. Memperoleh
pelayanan dari aparat RT,RW, atau Kelurahan. Misalnya, pelayanan untuk membuat
Kartu Tanda Penduduk (KTP).
4.
Fiqih
Cara
Salat bagi Orang Sakit
a.
Cara
salat dengan duduk
Salat dengan cara duduk dapat dilakukan
dengan cara sebagai berikut.
a. Duduklah
seperti duduk pada tasyahud awal atau duduk di antara dua sujud, kemudian niat
sesuai salat yang akan dikerjakan.
b.
Takbirotul ihram dengan mengangkat
,kedua tangan.
c.
Sedekap dengan membaca doa iftitah,
surah al-fatikah, dan surah-surah pendek.
d.
Rukuk, dengan menundukkan kepala agak
rendah dengan membaca tasbih. Rukuk dilakukan seperti pada salat dengan berdiri.
e.
Iktidal yaitu duduk seperti semula serta
membaca bacaan iktidal.
f.
Sujudlah seperti sujud pada salat dengan
berdiri, serta membaca bacaan sujud.
g.
Duduk di antara dua sujud dengan membaca
bacaan duduk di antara dua sujud.
h.
Sesudah itu, sujudlah seperti pada sujud
salat dengan berdiri serta bacalah bacaan sujud, kemudian duduklah kembali
menyempurnakan rakaat yang kedua, seperti pada rakaat yang pertama. Demikian
seterusnya hingga salam.
b.
Cara
salat dengan berbaring
Salat
dengan berbaring dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a.
Jika tidak dapat salat dengan duduk,
hendaknya salat dengan barbaring, yaitu seluruh anggota badan menghadap kiblat
dengan miring ke kanan.
Semua gerakan salat
dengan berbaring hanya dengan isyarat gerakan kepala atau gerakan tangan atau
kedipan mata, sedangkan bacaan salatnya sama seperti bacaan salat dengan
berdiri. Demikian seterusnya sampai selesai, sesuai jumlah rakaat salat yang
kita kerjakan.
b.
Yang dimaksud dengan berbaring adalah
kita tidur miring di atas rusuk sebelah kanan dengan membujur ke sebelah
selatan. Telinga sebelah kanan tertindih oleh bagian kepala.
c.
Jika tidak mampu salat dengan duduk atau
berbaring, maka boleh mengerjakan salat dengan telentang.
Cara mengerjakan salat
dengan telentang, yaitu kedua kaki diluruskan kea rah kiblat (kaki berada di
arah barat), kepala berada di sebelah timur dan diganjal bantal, agar muka bisa
menghadap kiblat. Untuk melakukan rukuk dan sujud cukup dengan menggunakan
kedipan mata.
d.
Jika tidak bisa melakukan dengan
anggukan kepala dan kedipan mata maka gunakanlah hati. Demikian seterusnya
hingga salam.
Uji
Kompetensi
I.
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c dan d yang merupakan jawaban palaing
benar.
1.
4
|
5
|
7
|
….
|
8
|
a. 4 c. 6
b. 5 d. 7
2. 52.
. . . .56
a. < c. =
b. + d. >
3. Setelah
dimaksukksn ke dalam amplop, rekatkanlah tutpnya. Tempelkan prangko dikanan
atas bagian depan amplo. Selanjutnya, serahkan amplop kepada petugas jaga atau
masukkan ke bus surat untuk segera dikirimkan.
Uraian
tersebut adalah petunjuk mengirimkan surat yang dilakukan di. . . . . .
a. Stasiun
b. Kantor
pos
c. Puskesmas
d. swalayan
4. Pergilah
ke puskesmas. Temuilah kepala puskesmas. Jelaskan maksud kedatanganmu. Mintalah
penjelasan tenang hal-hal yang diperlukan.
Uraikan
diatas merupakan penjelasan. . . . . .
a. Wawancara
dengan kepala puskesmas
b. Petunjuk
melakukan sesuatu
c. Petunjuk
untuk mencari alamat seseorang
d. Petunjuk
menggunakan obat
5. Contoh
perilaku menaati aturan tertulis di msyarakat adalah. . . . . .
a. Ikut
membantu tetangga yang kesusahan
b. Tidak
peduli pada aturan
c. Melakukan
ronda malam
d. Berbuat
sesuka hati
6. Aturan
yang dibuat dan disepakati bersama-sama harus. . . . . .
a.
Diperhatikan
b.
Dilaksanakan
c.
Didiskusikan
d.
Dibiarkan
7. Warga
masyarakat yang melanggar peraturan akan mendapat. . . . . .
a. Pahala
b. Sanksi
c. Celaan
d. Pujian
8. Setiap
aturan dalam kehidupan sehari-hari harus dilaksanakan dengan penuh. . . .
a. Tanggung
jawab
b. Kebencian
c. Perhitungan
d. dibiarkan
9.
Apabila tidak mampu mengerjakan salat
dengan duduk dan berbaring maka dapat mengerjakannya dengan. . . . .
a. Telentang
b. Tengkurap
c. Jongkok
d. Berdiri
10.
Orang yang tidak mampu duduk, dapat
melakukan salat dengan. . . . . .
a. Duduk
bersila
b. Berbaring
miring
c. Duduk
bersandar
d. Berdiri
dengan sandaran
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan singkat dan benar.
1. Mengurutkan
dan meletakkan bilangan pada baris bilangan. . . . .
48 52
49 51
47 46
|
2.
Masuklah kelokasi dengan membayar peron.
Kemudian cari dan pilih bus dengan jurusan yang diinginkan.uraian tersebut
adalah petunjuk mencari dan memilih angkutan umum di. . . . .
3.
Ada dua jenis aturan yang berlaku di masyarakat,
yaitu aturan….dan aturan….
4.
Orang yang tidak sanggup berdiri dan
duduk maka dapat mengerjakan salat dengan cara. . . . .
5. Cara
mengerjakan salat dengan telentang, keadaan kedua kaki diluruskan kearah. . . .
III. Jawablah pertanyaan berikut!
241
|
243
|
245
|
249
|
247
|
251
|
2. Sebutkan urutan cara
menabung dibank?
3. Apa yang dimaksud
dengan aturan?
4. Sebutkan tata cara
salat dalam keadaan duduk?
5. Sebutkan tata cara
salat dalam keadaan berbaring?
Kunci
Jawaban
I.
Soal
pilihan ganda
1. C
2. A
3. B
4. A
5. A
6. B
7. B
8. A
9. A
10. B
II.
Soal
isian singkat
1.
46
|
47
|
48
|
49
|
51
|
52
|
2. Terminal
3. Aturan
tertulis dan aturan tidak tertulis
4. Berbaring
5. Barat
III.
Soal
essay
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar