Rabu, 27 Juni 2012




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK

Nama sekolah             : MI Miftakul Ulum Babadan
Tema                           : Tata Tertib
Kelas/Semester           :  III/I
Alokasi waktu             : 1X 45 menit
Pertemuan                  : I X Pertemuan
Standar Kompetensi  
1.      Matematika           : 1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
2.      Bahasa Indonesia  : 2. Mengungkapkan pikiran, peasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau saran
3.      Pkn                        : 2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
4.       Fiqih                      : 3. Mengenal tata cara shalat bagi orang yang sakit  
Kompetensi Dasar
1.      Matematika           : 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
2.      Bahasa Indonesia  : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
                                       dengan kalimat yang runtun dan mudah dipahami
3.      Pkn                        : 2.1 Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
        Masyarakat sekitar
4.      Fiqih                      : 3.1 Menjelaskan tata cara shalat bagi orang sakit
Indikator
1.      Matematika           : 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
2.      Bahasa Indonesia  : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
                                             dengan kalimat yang runtun dan mudah dipahami
3.      Pkn                        : 2.1 Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
         Masyarakat sekitar
4.      Fiqih                      : 3.1 Menjeleskan tata cara shalat bagi orang sakit
I.             Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mentukan letak bilangan pada baris bilangan
2.      Siswa dapat menjelaskan  secara lisan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtun dan mudah dipahami
3.      Siswa dapat menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan
4.      Siswa dapat menjelaskan tata cara shalat bagi orang sakit
II.          Materi Pokok
1.      Matematika           : Letak bilangan pada garis bilangan
2.      Bahasa Indonesia  : Menjelaskan urutan melakukan sesuatu
3.      Pkn                        : Aturan di lingkungan masyarakat
4.      Fiqih                      : Cara Salat bagi orang yang sakit
III.       Metode/Srategi Pembelajaran
Tanya jawab, poster coment, Demontrasi, ceramah, reading aload, drill, dan penugasan.                                 
IV.          Langkah-langkah Pembelajaran
1.        Kegiatan awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/Metode
Sumber/ Alat/ Bahan
1 menit
·         Guru mengucapkan salam
Tanya jawab
-
1 menit
·         Guru meminta ketua kelas untuk  memimpin do’a
-
-
1 menit
·         Absensi: guru menanyakan siswa siapa yang tidak masuk.
Tanya jawab
-
2 menit
·         Apersepsi : Anak-anak  sebelum kita melaksanakan shalat terlebih dahulu kita melakukan apa atau pada waktu kita pergi ke bank. apa saja yang harus kita lakukan pada saat di bank. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
Nah kali ini kita akan membahas tentang  “Tata Tertib”

Tanya jawab
-

2.       Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/Metode
Sumber/Alat/ Bahan
5 menit
·         Guru menyampaikan materi, dengan menempelkan gambar  dipapan tulis.

Poster comment
§  Hand Out Materi
§  Papan tulis
§  Kertas plano
§  Solatif
§  Spidol

5 menit
·         Siswa diminta mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru
Ceramah

5 menit
·         Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan secara lisan urutan tata cara shlat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah di pahami.

Demontrasi
5 menit
·         Guru menjelaskan bahwa dalam melakukan sesuatu itu harus sesuai dengan urutan atau aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat.

Ceramah

5 nenit
·      Guru menuliskan garis bilangan di papan tulis  secara urut dan guru membacakanya,  siswa diminta untuk menirukan.
Reading aload







3 menit
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum paham.

Tanya jawab

3 menit
·         Guru merefleksikan materi yang telah dipelajari.

Ceramah

3.      Kegiatan Akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/Metode
Sumber/ Alat/ Bahan
5 menit
·          Guru memberikan evaluasi kepada siswa.

Drill

Soal evaluasi
1 menit
·          Guru memberikan tugas rumah hal 23-24

Penugasan

-
2 menit

·          Guru memberikan penguatan dan motivasi sebelum meninggalkan kelas.

Ceramah

-
1 menit
·         Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
-
-

V.       Penilaian
Ø  Tehnik penilaian        : Tes tulis
Ø  Instrumen penilaian    : -Test pilihan ganda
                                              -Uraian singkat
IV. Sumber, Bahan dan Alat
Ø Hand Out Materi Buku paket pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik kelas 3 semester 1,Tahun 2006. Serta buku lain yang relavan.
Ø Kertas plano
Ø Hand Out Materi
Ø Papan tulis dan spidol
Ø solatif
LAMPIRAN
Ø  Hand Out Materi
Ø  Instumen Penilaian (soal, kunci, pedomam pensekoran)

Ponorogo, 27 Juni 2012
Dosen Pembimbing

Kurnia Hidayati, M. Pd
NIP : 197103292008012007



Mahasiswa Praktikan

Wiwik Puspitasari
NIM : 210609055

Mengetahui,

MATERI
1.       Matematika

Menentukan Letak Bilangan pada Garis Bilangan

a.       Membilang secara urut
Urutan bilangan pada garis bilangan di atas menunjukkan makin ke kanan bilangannya makin besar. Bilangan yang terletak di sebelah kanan lebih besar daripada bilangan yang terletak di sebelah kiri.


2

3
4
5
6
7
8
9
10
                       

b.      Mengurutkan dan Membandingkan Dua Bilangan 
Setelah kamu belajar letak suatu bilangan pada garis bilangan, maka kamu dapat membandingkan dua bilangan dengan bantuan garis bilangan.
Contoh :
32

33

34
35
36
37
38
39
40
41
 
Pada garis bilangan di atas, arah ke kanan menunjukkan bilangan yang makin besar.
a.       32 kurang dari 33 karena 32 terletak di sebelah kiri 33.
b.      35 lebih dari 34 karena bilangan 35 terletak di sebelah kanan 34.
c.       32 kurang dari 33; maka apat di tulis 32 < 33.
35 lebih dari 34; maka dapat ditulis 35 > 34.
< dibaca lebih kecil daripada, artinya kurang dari.
> dibaca lebih besar daripada, artinya lebih dari.
c.   Menentukan Sebuah Bilangan yang Terletak di antara Dua Bilangan
                  Ano, Ato, dan Avo adalah anggota tim sepak takraw. Pada suatu pertandingan, Ano dan Avo masing-masing memakai kaos dengan nomor punggung 54 dan 56. Ato mendapat kaos dengan nomor punggung sebelum Avo dan sesudah Ano. Coba kamu cari, berapakan nomor punggung Ato?
      Untuk menentukan sebuah bilangan di antara dua bilangan dapat menggunakan garis
      bilangan.
      Ayo perhatikan gris bilangan berikut!
53

55

57
58
59
60
61
62
54
56
 




Bilangan yang terletak di antara 54 dan 56 adalah 55.
Jadi, nomor punggung Ato adalah 55.
d.      Mengurutkan Bilangan dan Menentukan Letaknya ada Garis Bilangan
Contoh :
39        42
40        45
43        41
 





Bilangan di atas dapat diurutkan dan ditentukan poisinya pada garis bilangan seperti berikut:
39

40

41
42
43
44
 



e.       Menaksir Bilangan yang Ditentukan Letaknya pada Garis Bilangan
Ingatlah kembali bilangan pada garis bilangan secara urut!
2

4

6
a
10
12
b
c
18
20
 



a.       Adalah bilangan 8
b.      Adalah bilangan 14
c.       Adalah bilangan 16


2.      Bahasa Indonesia

                                    Menjelaskan Urutan Melakukan Sesuatu

            Salah satu tempat umum adalah bank. Pernahkah kamu pergi ke bank? Apa saja yang dapat kamu lakukan saat di bank? Salah satu tujuan seseorang ke bank adalah menabung. Berikut ini adalah cara menabung di bank.
a.       Datangkah ke kantor bank antara pukul 08.00 hingga 14.00.
b.      Mintalah nomor antre pada petugas.
c.       Ambil slip setoran yang sudah disediakan.
d.     
            311
310      309
312      308
Isilah slip setoran tersebut dengan benar. Biasanya isian slip setoran tabungan terdiri atas nama pemilik rekening dengan angka dan huruf serta nama dan tanda tangan penyetor.
e.       Hitunglah dahulu jumlah uang yang akan ditabung.
f.       Serahkan kepada petugas buku tabungan slip setoran yang telah diisi dan uang yang akan ditabung.
g.      Setalah tugas di bank selesai memproses dan memberikan kembali buku tabunganmu, jngan lupa untuk mengecek kebenaran saldo akhir tabunganmu.
h.      Jika telah selesai, ucapkan terima kasih dan mohon pamit untuk pulang.

            Coba kamu jelaskan cara melakukan sesuatu di tempat umum yang lain, misalnya cara membeli obat dengan resep dokter di apotek, cara membeli tiket kereta api di stasiun, atau cara belanja alat ulis di took buku! Pilihlah salah satu cara tersebut dan sampaikan secara lisan di depan kelas cerara bergantian dengan teman-temanmu!


3.      PKn   
Aturan di Lingkungan Masyarakat

            Di masyarakat perlu dibuat peratura. Peraturan dibuat untuk menciptakan. Ketertiban dan ketentraman dalam kehiduan sehari-har. Terdapat berbagai jenis aturan yang ada di lingkungan masyarakat. Aturan tersebut, di antaranya berupa aturan tertulis dan aturan tidak tertulis.
a.       Aturan tertulis
        Aturan tertulis berupa ketentuan tertulis yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan. Aturan tertulis bersifat mengikat bagi suatu masyarakat. Aturan tertulis biasanya ditempel di tempat-tempat umum yang mudah dilihat oleh seluruh anggota masyarakat. Contohnya, aturan untuk melapor kepada ketua RT setempat bagi orang yang bertamu lebih dari 24 jam.
        Selain itu, aturan tertulis juga retcantum dalam suatu kitab atau buku. Contohnya, kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) untuk mengadili orang yang melakukan kejahatan. Semua aturan tertulis dibuat untuk membina kerukunan antarwarga. Oleh karena itu, kita harus selalu mentaati semua aturan yang berlaku I Negara Indonesia.
        Bagi yang melanggar aturan tertulis akan diberikan sanksi yang tegas. Sanksinya dapat berupa teguran, hukuman, kurungan, atau denda yang diproses oleh pengadilan. Pengadilan adalah tempat untuk memutuskan seseorang bersalah atau tidak.
b.      Aturan Tidak Tertulis
      Aturan tidak tertulis berupa ketentuan yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan. Aturan tidak tertulis merupakan aturan bersifat kebiasaan yang berlaku di lingkungan suatu masyarakat. Walaupun tidak tertulis, aturan tersebut harus tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Bagi yang mekanggar aturan tidak tertulis akan mendapat sanksi juga. Sanksinya bisa ditentukan oleh masyarakat. Contohnya, aturan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan kegiatan siskamling (ronda malam) secara bergantian.
      Aturan yang tardapat disuatu wilayah dibuat untuk mengatur tata tertib kehidupan warganya. Aturan biasanya mencantumkan kewajiban dan hak setiap warga.
      Setiap warga memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan, di antaranya:
1.      Menjaga keamanan,
2.      Manjaga karukunan, dan
3.      Menjaga kenyamanan lingkungan.
Adapun hak yang dapat diperoleh warga, di antaranya:
1.      Memperoleh keamanan,
2.      Memperoleh pelayanan dari aparat RT,RW, atau Kelurahan. Misalnya, pelayanan untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP).



4.      Fiqih

Cara Salat bagi Orang Sakit

a.                  Cara salat dengan duduk
      Salat dengan cara duduk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a.       Duduklah seperti duduk pada tasyahud awal atau duduk di antara dua sujud, kemudian niat sesuai salat yang akan dikerjakan.
b.      Takbirotul ihram dengan mengangkat ,kedua tangan.
c.       Sedekap dengan membaca doa iftitah, surah al-fatikah, dan surah-surah pendek.
d.      Rukuk, dengan menundukkan kepala agak rendah dengan membaca tasbih. Rukuk dilakukan seperti pada salat dengan berdiri.
e.       Iktidal yaitu duduk seperti semula serta membaca bacaan iktidal.
f.       Sujudlah seperti sujud pada salat dengan berdiri, serta membaca bacaan sujud.
g.      Duduk di antara dua sujud dengan membaca bacaan duduk di antara dua sujud.
h.      Sesudah itu, sujudlah seperti pada sujud salat dengan berdiri serta bacalah bacaan sujud, kemudian duduklah kembali menyempurnakan rakaat yang kedua, seperti pada rakaat yang pertama. Demikian seterusnya hingga salam.

b.      Cara salat dengan berbaring
Salat dengan berbaring dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a.       Jika tidak dapat salat dengan duduk, hendaknya salat dengan barbaring, yaitu seluruh anggota badan menghadap kiblat dengan miring ke kanan.
Semua gerakan salat dengan berbaring hanya dengan isyarat gerakan kepala atau gerakan tangan atau kedipan mata, sedangkan bacaan salatnya sama seperti bacaan salat dengan berdiri. Demikian seterusnya sampai selesai, sesuai jumlah rakaat salat yang kita kerjakan.
b.      Yang dimaksud dengan berbaring adalah kita tidur miring di atas rusuk sebelah kanan dengan membujur ke sebelah selatan. Telinga sebelah kanan tertindih oleh bagian kepala.
c.       Jika tidak mampu salat dengan duduk atau berbaring, maka boleh mengerjakan salat dengan telentang.
Cara mengerjakan salat dengan telentang, yaitu kedua kaki diluruskan kea rah kiblat (kaki berada di arah barat), kepala berada di sebelah timur dan diganjal bantal, agar muka bisa menghadap kiblat. Untuk melakukan rukuk dan sujud cukup dengan menggunakan kedipan mata.
d.      Jika tidak bisa melakukan dengan anggukan kepala dan kedipan mata maka gunakanlah hati. Demikian seterusnya hingga salam.











                   

















Uji Kompetensi
I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c dan d yang merupakan jawaban palaing
      benar.
1.     
4

5

7
….
8
 


a.       4                                          c. 6
b.      5                                          d. 7
2.      52. . . . .56
a.       <                                         c. =
b.      +                                         d. >
3.      Setelah dimaksukksn ke dalam amplop, rekatkanlah tutpnya. Tempelkan prangko dikanan atas bagian depan amplo. Selanjutnya, serahkan amplop kepada petugas jaga atau masukkan ke bus surat untuk segera dikirimkan.
Uraian tersebut adalah petunjuk mengirimkan surat yang dilakukan di. . . . . .  
a.       Stasiun
b.      Kantor pos
c.       Puskesmas
d.      swalayan
4.      Pergilah ke puskesmas. Temuilah kepala puskesmas. Jelaskan maksud kedatanganmu. Mintalah penjelasan tenang hal-hal yang diperlukan.
Uraikan diatas merupakan penjelasan. . . . . .
a.       Wawancara dengan kepala puskesmas
b.      Petunjuk melakukan sesuatu
c.       Petunjuk untuk mencari alamat seseorang
d.      Petunjuk menggunakan obat
5.      Contoh perilaku menaati aturan tertulis di msyarakat adalah. . . . . .
a.       Ikut membantu tetangga yang kesusahan
b.      Tidak peduli pada aturan
c.       Melakukan ronda malam
d.      Berbuat sesuka hati
6.      Aturan yang dibuat dan disepakati bersama-sama harus. . . . . .
a.       Diperhatikan
b.      Dilaksanakan
c.       Didiskusikan
d.      Dibiarkan
7.      Warga masyarakat yang melanggar peraturan akan mendapat. . . . . .
a.       Pahala
b.      Sanksi
c.       Celaan
d.      Pujian
8.      Setiap aturan dalam kehidupan sehari-hari harus dilaksanakan dengan penuh. . . .
a.       Tanggung jawab
b.      Kebencian
c.       Perhitungan
d.      dibiarkan
9.      Apabila tidak mampu mengerjakan salat dengan duduk dan berbaring maka dapat mengerjakannya dengan. . . . .
a.       Telentang
b.      Tengkurap
c.       Jongkok
d.      Berdiri
10.  Orang yang tidak mampu duduk, dapat melakukan salat dengan. . . . . .
a.       Duduk bersila
b.      Berbaring miring
c.       Duduk bersandar
d.      Berdiri dengan sandaran  



II.       Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar.
1.      Mengurutkan dan meletakkan bilangan pada baris bilangan. . . . .
48        52
49        51
47        46
 




2.      Masuklah kelokasi dengan membayar peron. Kemudian cari dan pilih bus dengan jurusan yang diinginkan.uraian tersebut adalah petunjuk mencari dan memilih angkutan umum di. . . . .
3.      Ada dua jenis aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu aturan….dan aturan….
4.      Orang yang tidak sanggup berdiri dan duduk maka dapat mengerjakan salat dengan cara. . . . .
5.      Cara mengerjakan salat dengan telentang, keadaan kedua kaki diluruskan kearah. . . .  

III.    Jawablah pertanyaan berikut!
241



243

245


249

247
251

1.



2. Sebutkan urutan cara menabung dibank?
3. Apa yang dimaksud dengan aturan?
4. Sebutkan tata cara salat dalam keadaan duduk?
5. Sebutkan tata cara salat dalam keadaan berbaring?


















Kunci Jawaban

I.          Soal pilihan ganda
1.      C
2.      A
3.      B
4.      A
5.      A
6.      B
7.      B
8.      A
9.      A
10.  B

II.       Soal isian singkat
1.     
46

47

48
49
51
52
 


2.      Terminal
3.      Aturan tertulis dan aturan tidak tertulis
4.      Berbaring
5.      Barat

III.          Soal essay
1.